Cerita Warga Diteror Nomor Misterius Dari Luar Negeri

shares

Foto: thinkstockFoto: thinkstock

Jakarta - Sejumlah warga di beberapa lokasi mendapatkan telepon dari nomor internasional tidak dikenal kemarin sampai hari ini. Ada apa?

Imam, warga Depok, menerima missed call dari nomor telepon +261345176837 pada Jumat (30/3/2018) malam sekitar pukul 21.00 WIB. Dari kodenya, panggilan telepon itu berasal dari Madagaskar. Merasa heran, Imam tetapkan tidak mengangkat telepon itu.

Pengalaman yang sama dirasakan Lili, warga Jakarta. Dia mendapatkan panggilan telepon misterius kemarin, tepatnya pukul 17.50 WIB. Bedanya, Lili ditelepon nomor +242801130471 yang berasal dari Kongo.

Panggilan telepon dari nomor berkode Kongo juga dialami oleh warga Bandung berjulukan Tias pada kemarin malam. Panggilan telepon itu tidak dijawab sampai berujung jadi missed call.

Cerita Warga 'Diteror' Nomor Misterius dari Luar NegeriFoto: Dok. detikcom


Bila 3 warga tersebut membiarkan panggilan telepon internasional misterius iti menjadi missed call, dongeng berbeda tiba dari warga Depok berjulukan Indah. Dia mendapatkan panggilan telepon dari nomor +242801130493 pada pukul 20.44 WIB. Secara refleks, Indah mengangkatnya.

Terdengar latar bunyi yang ramai dan ucapan 'Hello' dari ujung telepon. Telepon hanya berjalan 9 detik kemudian ditutup. Panggilan telepon itu juga berasal dari nomor berkode Kongo.

Apa yang bahu-membahu terjadi?

'Teror' panggilan telepon dari nomor internasional misterius bukan hanya kali ini terjadi. Pada selesai 2016, sejumlah pengguna telepon melaporkan panggilan dari nomor berkode +77.
Cerita Warga 'Diteror' Nomor Misterius dari Luar NegeriFoto: Dok. detikcom
Fenomena ini tidak hanya terjadi di Indonesia. Media Australia, abc.net.au pernah menulis perihal bencana serupa pada Februari 2018 yang lalu.

Sejumlah warga Australia ternyata mengeluhkan hal yang sama, panggilan telepon misterius dari nomor internasional yang berujung missed call. Saat itu, warga Australia melapor sanggup missed call dari nomor Papua Nugini, Kongo, Slovenia, sampai Belgia.

"Ini ialah penipuan telepon premium. Mereka menelepon Anda, membiarkan telepin berdering 1 kali dan mematikannya. Mereka melaksanakan itu berulang kali semoga Anda menelepon balik," kata Komisi Kompetisi Usaha dan Konsumen Australia, Delia Rickard menyerupai dilansir dari ABC.

Jika 'korban' menelepon balik, maka tagihan telepon akan membengkak. Tagihan itu sebagian besar akan masuk ke kantong penipu yang menelepon tersebut.

Cerita Warga 'Diteror' Nomor Misterius dari Luar NegeriFoto: Dok. detikcom

Masih di bulan Februari 2018, media Kanada, Global News melaporkan bencana serupa dialami sejumlah warga. Mereka mendapatkan missed call dari nomor berkode Albania, Macedonia sampai Seychelles.

'Teror' ini dinamakan Wangiri yang berasal dari Bahasa Jepang. Wangiri berarti 'sekali dering dan tutup'. Pengguna telepon yang menerima missed call semacam ini diimbau untuk tidak menelepon balik.

[Gambas:Video 20detik]


Sumber detik.com

Related Posts