Kim Jong-Un Berkunjung, China Blokir Medsos

shares

Foto: ReutersFoto: Reuters

China - Kunjungan diam-diam pemimpin Korea Utara Kim Jong-un ke Beijing, China pekan ini menciptakan para pengguna internet mencari cara menyiasati sensor seiring dengan media China yang dikontrol ketat pemerintah tidak memberitakan kunjungan tersebut hingga Kim Jong-un pergi.

Ketika orang-orang di media umum mencoba untuk berspekulasi perihal siapa tokoh yang berkunjung di tengah langkah pengamanan yang sangat ketat, cuitan mengenai Korea Utara di sejumlah platform media umum utama telah diblokir.

Tidak ada satu artikel apapun terkait Korea Utara yang diunggah di akun terkemuka aplikasi mengembangkan pesan terkenal WeChat, sementara penelusuran memakai istilah "Korea Utara" di platform microblog terkenal di China, Weibo juga telah diblokir.

"Mereka telah menghapus artikel apa saja yang berkaitan dengan Korea Utara selama beberapa hari terakhir," kata seorang warga China yang mengedit sebuah akun daring mengenai Korea Utara pekan ini.

"Sangat sulit bagi kami untuk mengunggah bahan di akun publik kami."

Kim Jong-un Berkunjung, China Blokir MedsosFoto: Australia Plus ABC



Dalam upaya untuk menyiasati sensor ketat ini, pengguna internet memakai nama panggilan untuk pengunjung misterius itu, termasuk, "Si gendut di kereta" dan, "pasien obesitas", serta istilah lain seperti, "pengunjung dari timur bahari "dan," saudara kandung sebelah ".

Tapi pencarian berikutnya menawarkan pihak berwenang China dengan cepat menindak nama-nama panggilan ini juga.

Para pengguna internet berusaha untuk tetap menyiasati perkembangan ini, dengan mengedarkan video dari iring-iringan kendaraan beroda empat yang berkeliling Beijing dan memasuki Beijing Diaoyutai State Guest House, dan berspekulasi perihal tokoh misterius itu sedang melaksanakan kunjungan ke sejumlah situs termasuk Zhongguancun, salah satu sentra teknologi China.

Cyberspace Administration of China, otoritas yang mengatur internet di negara itu, tidak segera menanggapi usul untuk berkomentar mengenai penyensoran ini.

Kementerian propaganda China merilis pemberitahuan pada hari Senin (26/3/2018) yang melarang media di negaranya melaporkan gosip yang berkaitan dengan Korea Utara, demikian dikatakan seorang wartawan yang bekerja untuk media milik pemerintah China.

Seorang editor di media milik pemerintah China lainnya menyampaikan mereka diarahkan oleh atasan mereka untuk tidak meliput pembahasan mengenai kunjungan oleh seorang warga Korea Utara.

Pada Rabu (28/3/2018), sebuah media pemerintah China kesudahannya mengkonfirmasi kunjungan Kim Jong-un dan istrinya, Ri Sol-ju, dan menyampaikan itu ialah perjalanan tidak resmi selama 3 hari dari Minggu (25/3/2018) hingga Rabu (28/3/2018).

Kim Jong-un Berkunjung, China Blokir MedsosFoto: KCNA/via Reuters


Perjalanan itu ialah perjalanan keluar negeri pertama Kim Jong-un yang diketahui semenjak ia mengambil alih kekuasaan pada tahun 2011 dan dipercaya oleh para analis sebagai persiapan untuk KTT yang akan tiba dengan Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Dia melaksanakan perjalanan ke Beijing di tengah keamanan ketat di atas kereta hijau yang dipakai secara langsung oleh keluarga Kim yang berkuasa selama bertahun-tahun.

Ayah Kim Jong-un, Kim Jong-il, yang terkenal tidak suka terbang dan mempunyai kecenderungan untuk gaya hidup playboy, dikatakan telah memakai moda transportasi kereta untuk menyelenggarakan pesta mewah, pesta minum-minuman keras dan karaoke di banyak perjalanannya dengan kereta api.

Tidak diketahui seberapa sering Kim Jong-un memakai kereta itu untuk bepergian di dalam wilayah Korea Utara.
Foto: Reuters
Foto: Reuters
Foto: KCNA/via Reuters
Foto: KCNA/via Reuters
Foto: KCNA/via Reuters
Foto: KCNA/via Reuters

Sumber detik.com

Related Posts