Mengenal Smartthinq, Platform Rumah Akil Milik Lg

shares

Foto: LGFoto: LG

Jakarta - Belakangan para vendor elektronik berlomba membesut teknologi rumah pintar, tidak terkecuali LG. Vendor asal Korea Selatan itu punya SmartThinQ, mirip apa teknologi ini?

Kepada detikINET, Winardi Cristian, Team Head Product Marketing Home Appliance LG Electronics Indonesia memaparkan dikembangkannya teknologi SmartThinQ guna menjawab gaya hidup masyarakat modern. Di mana mereka punya kesibukan tinggi di luar, namun tetap ingin menawarkan perhatian lebih kepada keluarga di rumah.

"Teknologi SmartThinkQ mememungkinkan penggunanya untuk melaksanakan banyak sekali perintah pengaturan perangkat elektronik dari jarak jauh," terperinci Winardi.

Mengandalkan keterhubungan antar perangkat elektronik rumah tangga dalam jaringan wifi, rupanya cukup gampang memanfaatkan teknologi SmartThinQ. Penggunanya cukup menyiapkan WiFi router sebagai sentra keterhubungan. Selanjutnya hanya perlu mengunduh aplikasi SmartThinQ ini pada smartphone, baik berbasis Android maupun iOS.
Mengenal SmartThinQ, Platform Rumah Pintar Milik LGFoto: LG


Saat ini teknologi SmartThinQ diadopsi tiga kategori perangkat, adalah lemari es, mesin basuh dan air conditioner (AC). Namun tidak semua perangkat LG mendukung teknologi ini.

"Untuk mengenali kami measang logo vektor berbentuk mirip rumah dengan goresan pena SmartThinQ pada salah satu sisinya, terang Winardi.

Aplikasi teknologi SmartThinQ pada lemari es memberi penggunanya lima fungsi. Mulai dari pengaturan tinggi rendah temperatur sampai mengirim pesan pada smartphone saat beberapa problem terjadi di lemari es.

Sementara pada mesin cuci, keberadaan teknologi SmartThinQ memungkinkan pengguna memberi perintah lewat smartphone, salah satunya melaksanakan pencucian. "Tak ada waktu terbuang. Dengan pertimbangan waktu tempuh perjalanan, seluruh proses pembersihan sanggup tamat setibanya pengguna di rumah," klaim Winardi.

Untuk perangkat AC, teknologi SmartThinQ memberi penggunanya kendali jarak jauh. Pengguna sanggup mengaktifkan maupun mematikan, pendinginan cepat, memastikan pengaturan suhu tiap ruang sesuai kebutuhan, sampai mengaktifkan fitur khusus penyertanya mirip fitur pendukung kesehatan.

"Adanya teknologi SmartThinQ sanggup jadi awal dari hadirnya rumah arif di Indonesia. Ke depan, kami akan memperluas penemuan dengan keterhubungan antar perangkat elektronik untuk semakin sanggup menjawab kebutuhan gaya hidup modern," pungkas Winardi.

Sumber detik.com

Related Posts